Program Resik - Resik Desane Dewe
Bersih Desaku, Sehat Wargaku

Sabtu, 08 Okt 2022 | 12:53:24 WIB - Oleh Administrator


PROGRAM RESIK – RESIK DESANE DEWE

 

                  Menghadapi musim penghujan yang sebentar lagi datang, kita sebagai warga masyarakat yang berada di wilayah pesisir pantai utara Jawa yang kerap menjadi langganan banjir saat musim penghujan tiba sudah selayaknya kita semua bersiap – siap menghadapi hal tersebut agar tidak terus terulang. Pemerintah Kecamatan Batangan dibawah kepemimpinan Camat Batangan Bpk. Sujono, SH,MM yang telah dilantik pada tanggal 24 Mei 2022 mempunyai program bersama semua Kepala Desa di wilayah Kecamatan Batangan untuk melaksanakan kegiatan RESIK – RESIK DESANE DEWE” “BERSIH DESAKU SEHAT WARGAKU “. Program tersebut juga sudah disosialisasikan oleh Bapak Camat  bersamaan dengan kegiatan Musdes Penyusunan RKPDes untuk penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Desa Tahun 2023 yang dihadiri oleh Semua Perangkat Desa, BPD, Ketua RT dan RW, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama dan PKK serta perwakilan kaum perempuan yang dilaksanakan pada tanggal 29 Agustus sampai dengan 9 September serta dibahas dalam kegitan Rakorcam Bulan September 2022 tanggal 3 September 2022 .

                  Program tersebut sudah ditindaklanjuti melalui Surat Camat kepada Pemerintah Desa  Nomor 412.2 / 603 tanggal 15 September 2022. Didalam surat tersebut disampaikan bahwa memandang perlu untuk dilakukan pemeliharaan dan perawatan atas hasil pembangunan yang belum dilaksanakan secara optimal dalam rangka meningkatkan fungsi dan manfaat hasil pembangunan tersebut dan untuk mengatasi potensi bencana banjir pada saat musim penghujan maka perlu untuk melaksanakan program “ RESIK – RESIK DESANE DEWE”  “BERSIH DESAKU SEHAT WARGAKU “

Untuk kegitan tersebut diharapkan agar Kepala Desa bersama – sama dengan Perangkat Desa dan Lembaga yang ada di Desa untuk memberdayakan dan menggerakkan semua warganya untuk :

  1. Melaksanakan Kerja Bhakti di lingkungan rumah masing – masing minimal 1 bulan sekali minimal 1 ( satu ) jam saja setiap minggunya.
  2. Melaksanakan kerja bhakti membersihkan saluran air  / drainase kanan kiri jalan Desa di wilayah masing – masing
  3. Melaksanakan kerja bhakti membersihkan lingkungan permukiman sampai wilayah RT masing – masing.
  4. Melakukam pemeliharaan dan perawatan semua aset Desa yang dimiliki, utamanya Lapangan, bangunan gedung agar termanfaatkan secara optimal.
  5. Melakukan pemeliharaan semua saluran air / sungai bebas dari sampah dan rumput liar.
  6. Kegiatan ini agar tidak dilaksanakan secara sporadis tetapi dilakukan secara rutin sehingga menjadi kebiasaan dan budaya  warga masyarakat di wilayah Kecamatan Batangan