SOSIALISASI PILKADES SERENTAK 2021

Selasa, 05 Jan 2021 | 11:11:44 WIB - Oleh Administrator


Mengawali tahun 2021, Kecamatan Batangan  menggelar Sosialisasi Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak. Sosialisasi dilaksanakan di aula Kantor Kecamatan Batangan, Senin (04/01) dengan narasumber Bapak Camat Batangan, Subono,SH,MM. Sosialisasi ini diikuti oleh 14 Kepala Desa dan 14 Ketua BPD yang akan menggelar Pilkades Serentak yang direncanakan pada 10 April 2021 mendatang.

Dalam arahannya, Bapak Camat menyampaikan bahwa pelaksanaan Pilkades Serentak ini berdasarkan Surat Keputusan Bupati Pati No. 141/3215 Tahun 2020 tentang Penetapan Gelombang Pilkades. Selain itu juga disampaikan peraturan-peraturan lain yang mendasari penyelenggaraan pilkades serentak.

Tahapan Pilkades dimulai dengan pembentukan Panitia Pemilihan oleh BPD masing-masing desa. Selanjutnya, setelah tim terbentuk, akan dimulai tahapan pendataan daftar pemilih dan dilanjutkan tahap penjaringan dan penyaringan bakal calon kepala desa. Setelahnya, masuk ke tahapan kampanye, masa tenang, pemungutan dan penghitungan suara. Lalu tahapan penetapan Calon Kades terpilih, dan terakhir pelantikan Kades terpilih.

Di akhir pengarahannya, Bapak Camat berpesan untuk dapat menjaga keamanan dan kondusifitas wilayah desa masing-masing, serta dalam setiap tahapan pelaksanaan Pilkades Serentak selalu  mengikuti Protokol Kesehatan sesuai aturan yang berlaku.